Ini yang dilakukan KNKT agar black box FDR Lion Air bisa dibaca - PianoQQ

Breaking

Jumat, 02 November 2018

Ini yang dilakukan KNKT agar black box FDR Lion Air bisa dibaca


Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah melakukan pembersihan black box pesawat Lion Air PK-LQP berisi Flight Data Recorder (FDR). Saat ini, black box sedang dikeringkan. Butuh waktu sekitar 2 x 24 jam untuk proses pengeringan.
"Tadi pagi sudah dilakukan pembersihan sekarang proses pengeringan 2 x 24 jam," kata Wakil Ketua KNKT Haryo Satmiko, di Kantor KNKT, Jakarta, Jumat (2/11).
Setelah black box kering, pihak KNKT baru bisa melakukan pengunduhan data. Haryo menerangkan proses unduh data dari perangkat berwarna jingga tersebut memakan waktu sekitar 2 jam.
"Kalau download tidak lebih dari 2 jam untuk mencopy data. Seperti kita mencopy dari flash dish, sesederhana itu," ujarnya.
Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan kotak hitam pesawat JT 610 yang jatuh di Perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Alat berupa Flight Data Recorder (FDR) ini ditemukan petugas di kedalam 30 meter, sekitar 500 meter dari lokasi jatuhnya pesawat.
Sementara itu, bagian cockpit voice recorder masih terus dicari Tim SAR. Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang menerima FDR langsung melakukan pengunduhan data dan menyatakan dalam waktu 30 hari dapat melaporkan data yang ada.
Investigator KNKT Ony Soerjo Wibowo mengatakan penyebab kecelakaan akan mudah diungkap bila kedua kotak hitam tersebut dapat ditemukan. Namun, bila hanya satu aja, Ony menyebut pihaknya masih memiliki beberap cara untuk meneliti penyebab kecelakaan pesawat di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat tersebut.
Kendati begitu, Ony enggan menjelaskan secara gamblang berbagai cara yang akan dilakukan KNKT selama proses penelitian. Sesuai peraturan yang ada, dia mengatakan pihaknya diberikan waktu selama satu tahun untuk menyelesaikan laporan.
"Tapi sebelum itu dalam jangka waktu satu bulan (dari pertama peristiwa kecelakaan) kami wajib menerbitkan apa yang disebut preliminary report yang berisi mengenai data dan fakta apa yang terjadi pada pesawat ini tanpa analisis, penjelasan, penyebab. Jadi yang kita ungkap adalah data dan faktanya saja," papar dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar